Tips Bisnis Clothing dan Peluang Cuan Besar

Ada banyak sekali peluang bisnis yang terbuka jika kita mau melakukannya tanpa banyak alasan. Mungkin kita berpikir bahwa sudah ada banyak sainganlah, tidak ada modal lah, ga berani ambil resikolah, dan yang lain. Padahal, awal dari sebuah bisnis yang sukses tentu semua sama, yaitu bergerak dan mulai berusaha. Salah satu contoh peluang bisnis yang masih menggiurkan sepanjang masa adalah bisnis clothing dengan bahan kaos premium.

Bisnis clothing jelas dapat berjalan selamanya, tanpa menghiraukan adanya musiman, tanpa memikirkan trend dan hal lain sebagainya yang membuat bisnis naik turun. Bisnis barang pokok seperti sandang, papan, pangan tentu pasti laku. Tinggal cara jualnya saja yang perlu dipikirkan dan bagaimana membuat produk yang berkualitas dengan harga yang sepadan.

Tips Bisnis Clothing di Tahun 2022

Jika Anda berminat di tahun 2022 ini memulai untuk membuka bisnis clothing, ada beberapa tips yang wajib Anda tahu. Tips-tips berikut memang terdengar sederhana, tapi jangan salah, hal remeh-temeh seperti berikutlah yang wajib Anda perhatikan untuk membangun bisnis clothing dari 0 hingga sukses. Yuk cek ulasannya.

·         Siapkan Modal

Modal yang dimaksud disini tidak hanya berupa uang, alat maupun bahan-bahan untuk persiapan membuka bisnis clothing. Modal disini juga termasuk skill, kemampuan, ataupun keahlian untuk masalah clothing dan tetek bengeknya. Misal saja pengetahuan tentang jenis sablon kaos yang bagus, bahas kaos yang premium itu seperti apa, jenis dan ukuran kaos maupun kemeja dan hal lain sebagainya.

Itu semua adalah modal yang perlu Anda pelajari sebelum membuka clothing. Dengan mempelajari semua hal tersebut, maka Anda dapat dengan lebih mudah mengerti produk yang akan Anda buat dan membuat target pasar dengan lebih mudah.

·         Hunting Supplier yang Berkualitas juga Murah

Nah, ini dia yang mungkin cukup rumit dan memakan waktu agak lama. Mencari dan membandingkan tiap supplier untuk kebutuhan bisnis clothing Anda adalah hal yang sangat krusial. Dengan supplier bahan yang terpercaya maka Anda akan lebih mudah mengatur harga jual produk. Selain itu, customer juga pasti akan puas dengan produk yang Anda buat karena bahan kaos dasarnya sudah sangat berkualitas dari supplier yang bisa diandalkan.

·         Tentukan Pasar Clothing Anda

Masuk ke dunia clothing tidak hanya asal menjual pakaian, kaos maupun apparel lain. Berbisnis clothing adalah tentang seni branding yang mana kita akan bersaing dengan brand-brand kuat dari bisnis clothingan lain. Nah, ini perlu ditentukan dari awal. Jika Anda hanya ingin menjual produk custom tanpa brand, maka Anda mungkin akan lebih mudah dalam membangun bisnis. Anda tinggal membuat desain yang kekinian, atau mungkin desain yang lagi hype kemudian pasarkan di marketplace.

Namun, jika Anda ingin membuat brand dimana jika brand Anda sudah besar, Anda akan lebih mudah melakukan penjualan clothing, maka Anda harus berusaha lebih keras, dan lebih giat. Anda harus memikirkan brand, logo, visi misi brand, bahan kaos brand Anda, dan hal lainnya yang menyangkut masa depan bisnis Anda. Branding atau membuat brand memang cukup sulit, tapi jika Anda sudah berhasil, buah yang Anda petik akan terasa sangat manis.

·         Manfaatkan Internet Sebagai Marketing Terbaik Anda

Adanya internet dan semakin luas penggunanya adalah sebuah keberuntungan untuk para pengusaha maupun pemilik bisnis. Dengan internet yang semakin luas, dan semakin cepat, maka Anda dapat memanfaatkan internet untuk promosi bisnis clothing Anda melalui berbagai cara. Anda bisa melakukan promo di media sosial, bisa promosi dengan website, bisa juga melalui messenger dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan kata lain, manfaatkan internet untuk marketing terbaik Anda. Kini sudah banyak pengusaha sukses yang hanya berjualan dari rumah, dengan modal internet dan dropship saja. Masa Anda mau kalah?

·         Produk yang Baik adalah Iklan yang Baik

Nah, ini juga menjadi salah satu dasar dalam berbisnis. Jika Anda ingin berbisnis clothing, maka pastikan produk yang akan Anda buat adalah produk yang terbaik. Namun, sekarang ini tentu produk yang bagus itu banyak, tambahkan “pembeda” kepada produk Anda agar produk Anda lebih stand out diantara produk lain yang serupa.

Tidak hanya itu, jika dasar produk sudah berkualitas, maka orang akan dengan mudah mencari produk Anda. Contoh ketika seorang remaja membeli kaos yang Anda jual, kemudian teman dari remaja tersebut melihat kaos yang dibeli ternyata bagus dengan bahan kaos yang premium. Otomatis, teman dari remaja tersebut tadi akan tertarik dan akhirnya mencari produk Anda.

Tidak hanya itu, teman dari remaja yang tadi jika puas dengan produk Anda juga akan memberi tahu teman yang lain akan produk Anda kemudian merekomendasikan produk Anda jika ternyata pelayanan produk Anda bagus. Maka dari itu, produk yang baik adalah marketing yang baik.